Pelajari Cara Mencicipi Anggur

Pelajari Cara Mencicipi Anggur

Pelajari cara mencicipi anggur dengan 4 langkah dasar. Kiat mencicipi anggur berikut dipraktikkan oleh sommelier untuk menyempurnakan selera mereka dan mempertajam kemampuan mereka mengingat anggur. Meskipun metode ini digunakan oleh para profesional, sebenarnya cukup sederhana untuk dipahami dan dapat membantu siapa saja untuk meningkatkan selera anggur mereka.

Siapapun bisa mencicipi wine, yang Anda butuhkan hanyalah segelas wine dan otak Anda. Ada 4 langkah untuk mencicipi anggur:

Lihat: Inspeksi visual anggur di bawah pencahayaan netral
Bau: Identifikasi aroma melalui penciuman orthonasal (misalnya bernapas melalui hidung)
Rasa: Nilai struktur rasa (asam, pahit, manis) dan rasa yang berasal dari penciuman retronasal (misalnya bernapas dengan bagian belakang hidung)
Pikirkan / Simpulkan: Kembangkan profil lengkap anggur yang dapat disimpan dalam memori jangka panjang Anda.

Cara Mencicipi Anggur

1. Lihat

Periksa warna, opacity, dan viskositas (kaki anggur). Anda tidak perlu menghabiskan lebih dari 5 detik pada langkah ini. Banyak petunjuk tentang anggur terkubur dalam penampilannya, tetapi kecuali jika Anda buta, sebagian besar jawaban yang diberikan petunjuk itu akan ditemukan di botol (yaitu varietas vintage, ABV, dan anggur).

2. Cium

2. Cium
Ketika Anda pertama kali mulai mencium aroma anggur, berpikirlah besar ke kecil. Apakah ada buah-buahan? Pikirkan kategori luas terlebih dahulu, yaitu jeruk, kebun buah-buahan, atau buah-buahan tropis berwarna putih atau, saat mencicipi buah merah, buah merah, buah biru, atau buah hitam. Terlalu spesifik atau mencari satu nada tertentu dapat menyebabkan frustrasi. Secara umum, Anda dapat membagi hidung anggur menjadi tiga kategori utama:

Aroma Primer adalah turunan anggur dan termasuk buah-buahan, rempah-rempah, dan catatan bunga.
Aroma Sekunder berasal dari praktik pembuatan anggur. Aroma yang paling umum adalah turunan ragi dan paling mudah dikenali dalam anggur putih: kulit keju, kulit kacang (almond, kacang tanah), atau bir basi.
Aroma Tersier berasal dari penuaan, biasanya dalam botol, atau mungkin dalam kayu ek. Aroma ini sebagian besar gurih: kacang panggang, bumbu kue, vanila, daun musim gugur, tembakau tua, kulit yang diawetkan, cedar, dan bahkan kelapa.

3. Rasa

Rasa adalah bagaimana kita menggunakan lidah kita untuk mengamati anggur, tetapi juga, setelah Anda menelan anggur, aromanya mungkin berubah karena Anda menerimanya secara retro-nasal.

Rasa: Lidah kita bisa mendeteksi asin, asam, manis, atau pahit. Semua anggur akan memiliki beberapa asam, karena semua anggur pada dasarnya memiliki beberapa asam. Ini bervariasi dengan iklim dan jenis anggur. Beberapa varietas dikenal karena kepahitannya (yaitu Pinot Grigio), dan itu bermanifestasi sebagai semacam rasa jenis air tonik yang ringan dan menyenangkan. Beberapa anggur meja putih memiliki sebagian kecil gula anggur mereka yang tertahan, dan ini menambah rasa manis alami. Anda tidak akan pernah bisa mencium rasa manis, karena hanya lidah Anda yang bisa mendeteksinya. Terakhir, sangat sedikit anggur yang memiliki kualitas asin, tetapi dalam beberapa kasus langka ada merah dan putih asin.

Tekstur: Lidah Anda dapat “menyentuh” anggur dan merasakan teksturnya. Tekstur dalam anggur terkait dengan beberapa faktor, tetapi peningkatan tekstur hampir selalu terjadi pada anggur yang lebih matang dan beralkohol tinggi. Etanol memberikan tekstur anggur karena kita menganggapnya “lebih kaya” daripada air. Kita juga dapat mendeteksi tanin dengan lidah kita, yaitu sensasi pengeringan kertas pasir atau penekan lidah pada anggur merah. Anggur merah dari perkebunan sebelah utara America yang berada di dekat casino yaitu ion club adalah anggur merah dengan wangi terbaik.

Durasi: Rasa wine juga berdasarkan waktu, ada awal, tengah (mid-palate) dan akhir (finish). Tanyakan pada diri Anda, bagaimana waktu yang dibutuhkan sampai anggur tidak lagi bersama Anda?

4. Pikirkan

Apakah anggur terasa seimbang atau tidak seimbang (yaitu terlalu asam, terlalu beralkohol, terlalu tannic)? Apakah Anda suka anggur? Apakah anggur ini unik atau tidak dapat diingat? Apakah ada karakteristik yang bersinar dan membuat Anda terkesan?

Baca juga : 7 TIPS MINUM ANGGUR DAN TETAP KURUS

Disponsori oleh : agen slot slot deposit dana