Cara Membuka Wine yang Benar Menurut Sommelier

Cara Membuka Wine yang Benar Menurut SommelierBotol anggur biasanya memiliki tutup yang sulit dibuka, apalagi jika Anda tidak memiliki alat untuk membuka tutup botol tersebut. Namun kini Anda tidak perlu khawatir, karena telah ditemukan cara mudah membuka tutup botol anggur tersebut. Nah kami juga ingin merekomendasikan situs judi betberry dimana bisa anda gunakan ketika menikmati secangkir wine anda.

Kamu sudah pernah mendengar istilah “Sommelier” sebelumnya? Sommelier adalah sebutan untuk orang-orang yang ahli atau telah memperdalam ilmu mengenai wine. Mereka memiliki pengetahuan yang sangat dalam soal wine, dari mulai cara memilih wine, membuka, menikmati sampai cemilan-cemilan paling cocok untuk minuman beralkohol ini.

Di Indonesia, kita memiliki ISA atau yang disebut sebagai Indonesia Sommelier Association, yaitu organisasi ini berafilasi dengan The Association de la Sommellerie Internationale (ASI), yang didirikan di Reims, Perancis pada Juni 1969.

Ilmu dan pengetahuan mengenai minuman beralkohol yang satu ini memang sedikit lebih istimewa dibandingkan minuman beralkohol lainnya. Untuk kamu yang tertarik dan ingin mempelajari wine lebih dalam, yuk kita mulai dari belajar bagaimana sih cara membuka botol wine yang baik dan benar seperti para Sommelier ini.
Sebelum mempelajari cara membuka nya, sebaiknya kita kenali dulu 3 tipe corkscrew yang digunakan untuk membuka botol wine.

1. Basic Corkscrew

Basic CorkscrewPembuka botol wine yang paling umum, tetapi membutuhkan tenaga yang lebih ekstra saat membukanya.
Karena setelah diputar masuk ke dalam gabus tutup wine, kamu perlu menarik nya secara perlahan.

2. Wing Corkscrew

Wing CorkscrewPembuka botol wine yang memiliki teknologi lebih maju. Corkscrew yang satu ini lebih mudah digunakan di bandingkan dengan basic corkscrew.
Kelemahannnya hanya lah sering terjadi kendala pada wing nya, dimana sangat mudah patah jika terbuat dari material yang kurang bagus atau murahan.

3. Sommelier Knife

Sommelier KnifeDibandingkan kedua pembuka botol lainnya, sommelier knife ini cukup sulit ditemukan. Dari segi bentuk, pisau Sommelier ini terlihat lebih elegan dan mudah untuk digunakan.
Kini, pisau ini lebih sering dipakai oleh para profesional.

Cara Membuka Botol Wine: 5 Rules to Perfect

1. Perlihatkan label dari botol kepada para tamu, lalu mulai memotong foil on the lowerlip dari leher botol, tanpa mengocok atau menggerakan botol. Hal ini dilakukan agar wine di dalam botol tetap terjaga.

2. Setelah melakukan pembukaan pada pelapis botol dan foilnya sudah bisa dilepas dengan mudah, bersihkan botol hingga ke lehernya dengan menggunakan lap khusus.

Cara Membuka Botol Wine

3. Buka wine dengan melepaskan cork (gabus) dengan corkscrew. Tempatkan spiral dari corkscrew tepat ditengah gabus, dan putar sebanyak 4 sampai 5 kali. Hal ini akan memudahkan kamu membuka gabus tanpa menggunakan tenaga yang ekstra.

4. Dengan hati-hati, kamu mencoba melakukan the final extraction dengan menarik gabus secara perlahan. Jika semua penempatan benar, maka pembukaan botol ini tidak akan menghasilkan suara yang terlalu keras. Usahakan untuk tidak menyentuk gabus dengan tangan mu.

Membuka Wine5. Setelah gabus terlepas, kamu dapat menikmati aroma dari wine. Bersihkan bagian dalam leher botol agar tidak ada residue atau merusak rasa dari wine yang akan kamu nikmati.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan bagaimana cara membuka botol wine yang benar seperti para Sommelier? Seru ya!